Mengenang Raden Saleh

"Karya karyanya, sebagai seorang tokoh humanis, yang gemar ilmu pengetahuan, juga kolektor benda benda seni, dan seorang nasionalis"

Panduan Kompetisi Esai

MEKANISME KOMPETISI MENULIS RADEN SALEH

(18 Juni – 17 September 2012)

 A. Umum 

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia
  2. Naskah yang dilombakan merupakan karya perorangan peserta, ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta belum pernah dipublikasikan di mana pun.
  3. Peserta boleh mengirim lebih dari satu judul naskah.
  4. Naskah dikirim via email MengenangRadenSaleh@gmail.com 
  5. Naskah yang telah dikirim menjadi hak milik Panitia.
  6. Naskah dikirim melalui alamat email mengenangradensaleh@gmail.com
  7. Batas akhir pengiriman naskah 17  September 2012.
  8. Pengumuman pemenang 3 Oktober 2012.

B. HADIAH PER- KATEGORI

  1. SMP Netbook
  2. SMA Netbook
  3. Mahasiswa     Rp. 3.000.000
  4. Publik              Rp. 5.000.000
  5. Guru/Dosen   Rp. 5.000.000

C. Peserta

  1. Kompetisi dibagi menjadi 5 kategori yakni SMP, SMA, Mahasiswa, Umum, dan Guru/dosen.
  2. Peserta hanya dapat memilih atau mengikuti satu kategori saja
  3. Peserta wajib menyertakan scan identitas dan Lembar Pernyataan Originalitas naskah yang dikirimkan.

Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya, 1 (satu) halaman, memuat:

    1.  Judul Naskah Esai
    2.  Nama Penulis/Peserta
    3.  Tempat & Tanggal Lahir
    4.  Pendidikan terakhir
    5.  Pekerjaan
    6.  Domisili (Alamat Surat)
    7.  Alamat Email
    8.  Telepon, Ponsel
    9.  Pindaian (scan) kartu pelajar (untuk  SMA dan SMP), kartu tanda mahasiswa (untuk Mahasiswa), kartu tanda penduduk (untuk Umum dan Guru/Dosen) yang masih berlaku

D. Penulisan Esai

  1. Tema : Mengenang Raden Saleh ± 500 – 700 kata.
  2. Judul bebas, sesuai tema kompetisi.
  3. Cara Penamaan file: “Kategori peserta (SMP/SMA/MAHASISWA/UMUM/ GURU/DOSEN)-Nama depan penulis-Judul Esai,
  4. Contoh: Mahasiswa-Raisah-Raden Saleh Masa Modern.doc
  5. Naskah ditulis menggunakan MS Word 97–2004, disimpan menjadi file *.doc (bukan file *.docx).

E. Seleksi Naskah dan Penjurian

  1. Tahap penilaian terdiri dari:
    1. Seleksi naskah oleh Panitia; Naskah yang tidak lolos seleksi karena kesalahan administratif bisa dikirim ulang sebelum tenggat 17 September 2012
    2. Penjurian oleh Dewan Juri.
    3. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu-gugat.
    4. Aspek yang dinilai (bobot penjurian):
No. ASPEK PENILAIAN URAIAN BOBOT
1. Gagasan: Orisinal, Kreatif, Aktual Orisinal: gagasan baru, belum pernah dipublikasikan sebelumnya
Kreatif: gagasan menunjukkan pemahaman baru penulis atas persoalan yang dibahas
Aktual: gagasan sesuai kekinian (ada fakta dan data)
35%
2. Kesesuaian dengan Tema/Subtema Esai selaras dengan dan tidak menyalahi tema atau subtema kompetisi yang ditentukan. 10%
3. Tuturan/Penulisan Esai ditulis dengan gaya bahasa yang komunikatif, relatif mudah dipahami. Cara bertuturnya menunjukkan pemahaman penulis yang mendalam terhadap pokok bahasan. 20%
4. Argumentasi Alur berpikir penulisnya tertib dan jelas (mudah dirunut). 35%

                 

46 thoughts on “Panduan Kompetisi Esai

  1. format untuk lembar pertnyataan orisinilatasnya gmana ya ?

    • Hai Thomi,

      Lembar pernyataan orisinalitas bentuknya seperti surat pernyataan pada umumnya tetapi harus memuat;
      1. Pernyataan bahwa naskah yang dikirim adalah hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan
      2. Memuat Judul Naskah
      3. Memuat Nama dan biodata penulis
      4. Memuat hasil scan kartu identitas
      5. Ditandatangani
      Semoga cukup jelas, kami tunggu revisi naskahmu. Terima Kasih.

  2. Wahyu on said:

    Lombanya dikenakan biaya apa tidak?

  3. Aku udah SMA, tapi kartu pelajar SMAku belum jadi dari sekolah, yang masih ada Kartu Pelajar SMP, gimana dong? :(

  4. “Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya”

    itu bikin sendiri kan ya kak ?

  5. audi R on said:

    Aduh pingin ikutan deh :( tapi kira2 menang gak ya ??? :( pasti banyak bgt yang ikutt :(

  6. yang ngadain loma instansi/siapa nih?

  7. jadi setiap peserta boleh mengirim lebih dari satu judul esai ya

  8. Harus pake MS Word 97–2004 ya??

    otomatis harus diimport dulu nih coz di laptop saya ada 2007

  9. tentang essai’y itu, apakah isinya hanya seputar raden saleh aja atau luaaass bgt, ttp ttep korelatif dengan temanya ??

  10. Ulil Latifah on said:

    ketentuang font, margin, paragraf dan kertasnya??

  11. saya di LN kalau ndak bisa scan KTP apa masih bisa ikutan Kak?

  12. kakak, menulisnya bebas kan tidak di tantukan?berarti kalo mahasiswa menyertakan identitas (KTM) gitu kak?

  13. mina ridhayani on said:

    Jumlah kata penulisan 500-700 kata? Itu cuma 3 halaman lho. Biasanya esai sampai 8 halaman minimal. gimana?

  14. aku mau tanya font, spasi, dan margin penulisannya berapa ya?

  15. Waah,,,tertarik ikut niyyy..:)

  16. Admin saya mau minta maaf kalau ada kesalahan kata pada esai saya, ,
    A/N I Ketut Suarthaputra Pratama
    maaf sekali lagi admin, ,

  17. mohon maaf saya ingin memastikan sebenarnya batas akhir pengiriman itu kapan? karena info yang saya terima di kampus adalah 31 Agustus 2012. terima kasih.

  18. aminah nur habibah on said:

    aku anak sma, tapi pake scan kartu pelajar smp boleh? nanti didatanya tetep ditulis kategori sma..

  19. Hai. Saya sudah mengirim essay tentang raden saleh beberapa waktu yang lalu, dan saya belum dapat reply email tanda terima dari panitia. Apakah panitia mengirim balasan untuk setiap email yang masuk?Hal ini untuk memberi informasi pada saya apakah email saya sudah diterima, Terima kasih

  20. Halo, untuk jumlah karakter 500-700 kata apakah sudah termasuk catatan kaki? essay saya memiliki karakter berjumlah 725 itu pun ditambah dengan catatan kaki. Jika tanpa catatan kakai ya sekitar 613. Gimana nih?

  21. nuruladny on said:

    bagaimana dengan yang homeschool?? kan ngga punya kartu pelajar?

  22. mau tanya, di lembar orisinalitas karyanya perlu scan-an tanda tangan kita nggak ya?

  23. pengumumannya kapan iniiii~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s