Mengenang Raden Saleh

"Karya karyanya, sebagai seorang tokoh humanis, yang gemar ilmu pengetahuan, juga kolektor benda benda seni, dan seorang nasionalis"

Jangan Ragu Untuk Mengirim Naskahmu

Selamat siang,

Waktu berlalu begitu cepat dan tenggat waktu pengumpulan naskah kompetisi esai mengenang Raden Saleh akan segera berakhir tepatnya pada hari Senin tanggal 17 September 2012 pukul 23.59 WIB. Bagi teman-teman yang sudah mengirim naskah, silakan diperiksa kembali apakah naskahmu sudah sesuai ketentuan di Mekanisme Esai. Bagi teman-teman yang belum memutuskan kapan akan mengirim naskah,  semoga tulisan ini bisa membantu.

Kami menerima beberapa tulisan yang lebih tepat disebut sebagai cerita pendek, dibanding esai. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai konsep dasar dari esai dan cerita pendek (cerpen)

Esai bukanlah cerpen

Esai diterima sebagai tulisan yang bersifat subyektif dan berdasarkan pengertian tersebut banyak orang yang salah mengasosiasikan esai dengan cerpen, padahal keduanya sungguh jauh berbeda.

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis mengenai subyek tertentu yang coba dinilainya, sifatnya non-fiksi, sedangkan  cerita pendek atau cerpen adalah bentuk prosa naratif fiktif.  Keduanya bisa bersifat naratif dan subyektif namun kebalikan dari cerita pendek yang sifatnya naratif fiktif, esai adalah tulisan yang hanya memuat fakta. 

Sudah siap menulis sekarang? Untuk fakta-fakta mengenai Raden Saleh silakan cek Fakta Raden Saleh  dan Jawaban Kuis Raden Saleh 

Jangan ragu untuk berpartisipasi, karena esai adalah tulisan yang bersifat subyektif, maka semua pemikiran akan menjadi unik dengan sentuhan personalmu.

Kami ingatkan lagi kompetisi esai mengenang Raden Saleh memiliki lima (5) kategori yang berbeda, hadiah per-kategori adalah sebagai berikut:

  1. SMP    Netbook
  2. SMU   Netbook
  3. Mahasiswa     Rp. 3.000.000
  4. Publik/Umum  Rp. 5.000.000
  5. Guru/Dosen    Rp. 5.000.000

Silakan membaca artikel-artikel di bawah ini, sebagai referensi,

Mekanisme Esai

Mengapa Naskahmu Dikembalikan

Fakta-Fakta Raden Saleh

Akhir kata, selamat menulis dan semoga penulis terbaik yang menang!

Salam Hangat,

Panitia Kompetisi Esai

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: