Mengenang Raden Saleh

"Karya karyanya, sebagai seorang tokoh humanis, yang gemar ilmu pengetahuan, juga kolektor benda benda seni, dan seorang nasionalis"

Daftar Pemenang

Kabar gembira,

Setelah melalui seluruh proses, sejak tahap awal penerimaan naskah, seleksi awal, seleksi akhir hingga proses penjurian selama periode 18 Juni – 17 Oktober. Dewan juri kompetisi esai mengenang Raden Saleh akhirnya sampai pada keputusan final. Sebagaimana layaknya sebuah kompetisi kami harus memilih yang terbaik dari naskah-naskah yang kami terima. Berikut adalah daftar pemenang kompetisi esai mengenang Raden Saleh

DAFTAR PEMENANG KOMPETISI ESAI

SMP
 Cintya Faliana Perjuangan dari Goresan Warna Juara 1
Trudy Johanna RADEN SALEH: Pahlawan Kebanggaan Bangsa Juara 2
 
SMU
Giasinta Livia Raden Saleh, “Diplomat” Indonesia yang Terlupakan Juara 1
Mira Romansih Menguak Hikmah di Balik Perjuangan Raden Saleh Juara 2
MAHASISWA
Zakiyah Derajat Raden Saleh dalam Kolonialisme dan Globalisasi Juara 1
Ni Made Frischa Aswarini Raden Saleh dalam Lukisan Sejarah Nusantara Juara 2
UMUM
Dayan D Layuk Allo Pondok Pampondok Paman Saleh; Memahami Individualitas, Modernitas dan Toleransi Sang Maestroan Saleh Juara 1
ATEP KURNIA Raden Saleh dan Naskah Sunda Kuna Juara 2
AKADEMISI
M. Mushthafa Menularkan Semangat Modern Raden Saleh: Catatan Seorang Guru SMA Juara 1
Dewi Mora Rizkiana Raden Saleh dan kesalehan multidimensional Juara 2

Dewan juri dan seluruh panitia kompetisi esai mengenang Raden Saleh mengucapkan selamat kepada para pemenang. Para pemenang akan mendapat pemberitahuan melalui email. Naskah-naskah karya para pemenang secara berkala akan dipublikasikan melalui blog ini ,sehingga bisa diakses oleh semua pengunjung. Pada kesempatan ini, tidak lupa kami haturkan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi esai mengenang Raden Saleh, teruslah berkarya!

Salam hangat,

Panitia Kompetisi Esai.

Jangan Ragu Untuk Mengirim Naskahmu

Selamat siang,

Waktu berlalu begitu cepat dan tenggat waktu pengumpulan naskah kompetisi esai mengenang Raden Saleh akan segera berakhir tepatnya pada hari Senin tanggal 17 September 2012 pukul 23.59 WIB. Bagi teman-teman yang sudah mengirim naskah, silakan diperiksa kembali apakah naskahmu sudah sesuai ketentuan di Mekanisme Esai. Bagi teman-teman yang belum memutuskan kapan akan mengirim naskah,  semoga tulisan ini bisa membantu.

Kami menerima beberapa tulisan yang lebih tepat disebut sebagai cerita pendek, dibanding esai. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai konsep dasar dari esai dan cerita pendek (cerpen)

Esai bukanlah cerpen

Esai diterima sebagai tulisan yang bersifat subyektif dan berdasarkan pengertian tersebut banyak orang yang salah mengasosiasikan esai dengan cerpen, padahal keduanya sungguh jauh berbeda.

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis mengenai subyek tertentu yang coba dinilainya, sifatnya non-fiksi, sedangkan  cerita pendek atau cerpen adalah bentuk prosa naratif fiktif.  Keduanya bisa bersifat naratif dan subyektif namun kebalikan dari cerita pendek yang sifatnya naratif fiktif, esai adalah tulisan yang hanya memuat fakta. 

Sudah siap menulis sekarang? Untuk fakta-fakta mengenai Raden Saleh silakan cek Fakta Raden Saleh  dan Jawaban Kuis Raden Saleh 

Jangan ragu untuk berpartisipasi, karena esai adalah tulisan yang bersifat subyektif, maka semua pemikiran akan menjadi unik dengan sentuhan personalmu.

Kami ingatkan lagi kompetisi esai mengenang Raden Saleh memiliki lima (5) kategori yang berbeda, hadiah per-kategori adalah sebagai berikut:

  1. SMP    Netbook
  2. SMU   Netbook
  3. Mahasiswa     Rp. 3.000.000
  4. Publik/Umum  Rp. 5.000.000
  5. Guru/Dosen    Rp. 5.000.000

Silakan membaca artikel-artikel di bawah ini, sebagai referensi,

Mekanisme Esai

Mengapa Naskahmu Dikembalikan

Fakta-Fakta Raden Saleh

Akhir kata, selamat menulis dan semoga penulis terbaik yang menang!

Salam Hangat,

Panitia Kompetisi Esai

 

Post Navigation